Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Waktu : 120
Menit
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat ! Jangan
lupa Berdoa dan memulai dari yang mudah .
Cermati paragraf berikut untuk menjawab
soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Pendidikan
profesi
merupakan pendidikan tinggi setelah program
sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk
memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam
pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai
dari D1 sampai dengan D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3)
Konsentrasi pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada
minat menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian
khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desain Grafis untuk
D4 dan Desain Multimedia untuk D3 dan Desain Periklanan D3. (5) Dalam proses belajar
mengajar dalam pendidikan keprofesian akan berbeda dengan jalur kesarjanaan S1
pada setiap bidang studi tersebut. (6) Pendidikan biasanya berawal pada saat
seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.
1. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...(lihat kata penghubung jika kalimat
majemuk)
A. Pendidikan
profesi merupakan pendidikan tinggi.
C. Keprofesian adalah disebut program
diploma.
D. Mahasiswa diarahkan kepada minat keahlian
tertentu.
E. Pendidikan berawal saat seorang bayi itu
dilahirkan.
2. Arti kata profesi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ... .
A. pekerjaan yang digeluti oleh seseorang
secara sungguh-sungguh.
B. seseorang yang menyediakan waktunya untuk
menekuni pekerjaan
C. bidang pekerjaan yang dilandasi
oleh pendidikan keahlian tertentu
D. kegiatan yang memiliki aturan-aturan yang
jelas atau sudah ditetapkan
E. pekerjaan resmi yang digeluti oleh
seseorang untuk kehidupannya
3. Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama tersebut adalah nomor ... .
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
E. (6)
Cermati teks berikut untuk soal nomor 4
s.d. 6!
(1) Upaya-upaya
pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan
budaya modern dari luar. (2) Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya
masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. (3) Selain itu,
seiring dengan perkembangan zaman modern produk budaya bukanlah milik kolektif
seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok
etnis. (4) Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun
tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah
bangsa. (5) Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk
budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian
diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. (6) Prof. Dr. Edi Sedyawati,
mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta mengatakan bahwa
harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus
untuk perlindungan karya budaya tradisional. (7) Keanekaragaman budaya
Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak
dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri.
4. Ide pokok paragraf tersebut terletak pada
kalimat nomor ... .
A. perlunya upaya pelestarian budaya
tradisional
B. tercemarnya budaya oleh generasi muda
C. produk perkembangan budaya zaman modern
D. kelalaian masyarakat memberi cap budaya
E. keanekaragaman budaya Indonesia
5. Bagaimana
upaya agar budaya tradisional kita tidak dicuri oleh bangsa luar untuk
kepentingan sendiri?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi
paragraf adalah ...
A. Budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan
etnis itu harus dijaga dengan baik dengan cara mencintai budaya sendiri
daripada budaya luar.
B. Dengan mengikuti perkembangan zaman modern
tanpa melupakan makna dari budaya tradisional itu sendiri sehingga kita merasa
memiliki.
C. Harus ada perlindungan budaya yang lebih
jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya
tradisional.
D. Segala produk budaya, baik termasuk
kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap sekelompok masyarakat atau
sebuah bangsa.
E. Menanamkan rasa ketertarikannya masyarakat
Indonesia, terutama generasi muda untuk pelestarian budaya tradisonal.
6. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ... .
A. (6)
B. (5)
C. (4)
D. (3)
E. (2)
7. Cermati paragraf berikut!
Salah satu stasiun televisi swasta pada tayangan
dini hari di akhir pekan beberapa waktu lalu, menyajikan wayang kulit, kesenian
tradisional dari pesisir Jawa Tengah. Saat itu, para penggemar wayang kulit
yang tadinya sukar menyaksikan kesenian kesayangan mereka itu karena langkanya
pementasan di berbagai tempat dan juga jauh dari tempat tinggal, sangat
terhibur dengan acara itu. Penayangan itu memudahkan penggemar atau pemirsa
bersama keluarga menikmati acaranya di layar kaca tanpa harus beranjak dari
rumah mereka. Dengan demikian, stasiun televisi yang peduli dengan budaya
tradisional itu, sebenarnya telah melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal
tersebut.
Kalimat
simpulan paragraf tersebut adalah ...
A. Berbagai model dan upaya dapat dilakukan
bangsa Indonesia untuk melestarikan budaya tradisional kita.
B. Kondisi masyarakat yang beragam budaya
dengan acara pertunjukan akan membantu pelestariannya.
C. Minimnya pendidikan budaya dengan
pertunjukan salah satu upaya pelestarian budaya tradisional tersebut.
D. Stasiun televisi yang menayangkan budaya
tradisional turut melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal.
E. Lemahnya pengontrolan budaya tradisonal
dapat memudahkan hilangnya budaya bangsa kita yang sudah lama.
8. Cermati penggunaan kata dalam paragraf berikut!
(1) Sejumlah aktivis mahasiswa di
Makassar meminta aksi demo dan tawuran dipisahkan karena dua hal itu memiliki
esensi dan pemicu berbeda. (2) Mereka menolak kedua hal itu digeneralisasi
untuk menyebut mahasiswa anarkhis. (3) Aksi demo diyakini sebagai wujud
panggilan jiwa dan solidaritas sosial mahasiswa terhadap permasalahan
masyarakat. (4) Sementara tawuran adalah perbuatan kriminil yang kerap
terjadi akibat solidaritas dan fanatisme yang sempit antarkelompok mahasiswa.
(5) Untuk mensikapi kebijakan pemerintah dan tawuran adalah dua hal yang
sangat berbeda. (6) Secara konteks dan tujuan juga sama sekali tidak
berhubungan dengan masalah.
Kata
yang tidak baku yang bergaris bawah
terdapat pada kalimat nomor ... .
A. (1), (2), dan (4)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
9. Cermati kutipan tajuk rencana berikut!
(1) Pengantisipasi berbagai persoalan
diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut pasar dalam
negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk menggerakkan
sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja pemerintah sangat
diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk pembangunan
infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika investasi
masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan
pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling penting adalah
harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan tugasnya dengan
kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan umum. (6) Tidak boleh
ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa supermenteri, sebaliknya tidak
boleh ada yang loyo.
Opini
penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ... .
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (5)
C. (3), (4), dan (5)
D. (3), (5), dan (6)
E. (4), (5), dan (6)
Cermati data tabel berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Jumlah Pengangguran di Provinsi Baru
10. Kalimat pernyataan yang sesuai isi diagram
tersebut adalah ...
A. Jumlah pengangguran setelah tahun 2006
mengalami penurunan yang drastis.
B. Tingkat pengangguran pada tahun 2007
hampir sama dengan tahun 2006.
C. Jumlah pengangguran makin lama makin
meningkat jumlahnya.
D. Dari tahun 2007 ke tahun 2008, jumlah
pengangguran mengalami penurunan.
E. Pengangguran paling banyak pada tahun 2006
dan tahun 2007.
11. Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi
diagram tersebut adalah ...
A. Jumlah pengangguran selalu meningkat pada
tahun 2006 s.d. 2008 terjadi di Provinsi Baru.
B. Dari tahun 2006 s.d. 2008 jumlah
pengangguran di Provinsi Baru selalu menurun tajam.
C. Kenaikan jumlah pengangguran di Provinsi
Baru dari tahun 2006 s.d. 2008 selalu konstan.
D. Jumlah pengangguran di Propinsi Baru dari
tahun 2006 s.d. 2008 mengalami pasang surut.
E. Naik turun jumlah pengangguran di Provinsi
Baru terjadi pada tahun 2006 s.d. 2008.
Cermati paragraf berikut!
Pendidikan anak usia dini (PUD) salah satu
bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar
pembinaan ... pertumbuhan ... perkembangan
anak lebih baik. Pertumbuhan tersebut meliputi fisik koordinasi motorik halus dan kasar. ...,
dengan PAUD membantu mengembangkan kecerdasan daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi,
spiritual, sosial,
emosional, sikap dan perilaku. Penanaman pendidikan agama, bahasa dan komunikasi
anak ... dapat terbantu. Perkembangan itu disesuaikan ... keunikan dan
tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
12. Kata penghubung yang tepat untuk
melengkapi bagian yang rupang pada paragraf tersebut adalah ...
A. agar, dan, di samping itu, juga, dengan
B. jika, begitu pula, karena, serta, dengan
C. namun, dan, hingga, juga, oleh
D. hingga, dan, di samping itu, walau, oleh
E. agar, juga, dan, serta, tersebut
13. Cermati paragraf berikut!
Akhir Agustus 2008 di sekitar ...
universitas tersebut berakhir ricuh.
Kericuhan itu, sepertinya memang ada yang ... supaya aksi itu ricuh. Akhirnya, tidak hanya membuat tiga mahasiswa dan empat polisi ... hingga harus dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ... Namun, pesan yang ingin disampaikan oleh kami untuk pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan harus ditolak karena akan menyebabkan mahalnya biaya pendidikan, kurang sampai kepada masyarakat.
Kericuhan itu, sepertinya memang ada yang ... supaya aksi itu ricuh. Akhirnya, tidak hanya membuat tiga mahasiswa dan empat polisi ... hingga harus dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ... Namun, pesan yang ingin disampaikan oleh kami untuk pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan harus ditolak karena akan menyebabkan mahalnya biaya pendidikan, kurang sampai kepada masyarakat.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang dalam paragraf adalah ....
A. komplex, memprofokasi, cendra, ambulance
B. kompleks, memprovokasi, cedera, ambulans
C. komplek, memprovokasi, cedera, ambulance
D. komplex, memprofokasi, cedera, ambulanc
E. kompleks, memprofokasi, cedra,
ambulans
14. Cermati paragraf berikut!
Tujuan utama: untuk ... anak Indonesia
yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan ... sesuai dengan tingkat ... anak
sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta
... kehidupan di masa dewasa. Tujuan penyerta: untuk membantu ... anak mencapai
kesiapan belajar secara akademik di sekolah.
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ... .
A. membentuk, berkembang, perkembangan,
mengarungi, menyiapkan
B. terbentuk, terkembangkan, mengkembangkan,
arungi, menyiapkan
C. dibentuk, kembangkan, memperkembangkan,
mengarungi, siapkan
D. terbentuk, berkembang, mengkembangkan,
mengarungi, menyiapkan
E. dibentuk, pengembang, perkembangan,
mengarungi, disiapkan
15. Cermati silogisme berikut!
Premis Umum : ....
Premis Khusus : Destia peduli kepada nasib orang miskin.
Simpulan :
Destia akan memberi bantuan dengan tulus.
Pernyataan yang benar untuk mengisi PU
adalah ...
A. Yang memberi dengan tulus bantuan yang
mendapat kepedulian dari orang.
B. Yang suka membantu orang miskin yang
peduli kepada nasib orang miskin.
C. Anak yang suka membantu orang miskin
peduli kepada nasib orang miskin
D. Yang peduli kepada nasib orang miskin akan
memberi bantuan dengan tulus.
E. Seorang pemberi bantuan dengan tulus yang
peduli kepada orang miskin.
16. Cermati paragraf berikut!
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)
pada Mei 2008 menjadi isu besar dan dirasakan masyarakat luas, yang diangkat
mahasiswa dalam aksinya pada tahun tersebut. Akan tetapi, ini sebuah kemunduran
besar karena mahasiswa seperti lepas dari induknya, yaitu “rakyat”. Kemunduran
lebih besar lagi terjadi ketika mahasiswa tidak dapat menyelesaikan masalahnya
dengan cara demokratis. Malahan berujung baku hantam dengan aparat, tidakan
anarkis. ...
Kalimat
yang berupa akibat untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah ...
A. Jadi, kami hanya bisa berdoa agar
pemerintah mengerti tujuan mahasiswa itu.
B. Tidak ada lagi yang mau membela mahasiswa,
selain meneruskan perjuangan.
C. Banyak kerugian materi dan korban jiwa di
pihak aparat dan mahasiswa.
D. Itulah kenangan yang tidak dapat kami
lupakan sebagai penyesalan panjang.
E. Semua orang pasti akan menyesali peristiwa
yang mereka lakukan itu.
17. Cermati paragraf analogi berikut!
Sebuah pedati berjalan menuju suatu
tempat, rodanya akan berputar sesuai arah tersebut. Rodanya akan menempuh jalan
yang keadaannya beragam. Ada jalan yang lurus mulus, ada yang berbelok-belok
belobang-lobang. Ada yang becek, penuh batu kerikil. Bila melewati jalan yang
kondisinya bagus, pedati akan melaju tenang. Akan tetapi, bila menempuh jalan
yang kondisinya buruk, tentu memerlukan kehati-hatian agar jalan pedati tidak
oleng dan jangan sampai celaka dan kondisi roda haruslah kuat pula supaya tidak
patah sebelum sampai di tujuan dengan selamat. Begitu pula kehidupan yang
dilalui oleh manusia. Adakalanya lancar berhasil, ada pula yang sulit, penuh
cobaan dan masalah yang memerlukan kesabaran dan kekuatan hati. Apakah
seseorang akan berputus asa? Sangat bergantung kepada kekuatan dan ketegaran
hatinya. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ...
- Hidup ini pada dasarnya tidak selalu mudah, bagus, atau lancar, tetapi ada yang mendapatkan berbagai cobaan atau rintangan.
- Jadi, kehidupan manusia itu ibarat perputaran roda pedati menuju suatu tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
- Dengan demikian, kita manusia akan diuji kesabaran, kekuatan kita dengan berbagai cobaan dan memerlukan berbagai cara untuk mengatasi.
- Manusia dan roda perlu perhatian supaya dapat menempuh suatu jalan yang mulus penuh rintangan dan kendala yang dapat mencelakakan.
- Akhirnya, manusia mengetahui apa yang harus dilakukannya agar apa yang akan dicapainya dapat diraihnya tanpa rintangan dan selamat.
18. Cermati kutipan pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh
dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang panjang, yang tidak
henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide
dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan sehingga suatu saat hasil dari
pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.
Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya secara cerdas pula. ...
Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya secara cerdas pula. ...
Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Saudara-saudara, betapa bangganya kita
memiliki kelak anak-anak bangsa yang cerdas dan dapat mengatur negara
sebaik-baiknya dan dapat sejajar dengan negara dan bangsa lainnya.
B. Jadi, kalau generasi kita sudah maju,
dalam arti kata dimajukan oleh anak-anak bangsa yang cerdas dan bijaksana, kita
akan berbangga dan menjadi bangsa yang besar di dunia ini.
C. Betapa pentingnya anak-anak bangsa bagi
bangsa sebagai penerus pembangunan negara dan memajukan bangsa dari
keterpurukan di berbagai bidang yang membuat kita tertinggal.
D. Oleh sebab itu, marilah kita sukseskan
gebrakan wajib belajar sepanjang hayat pada seluruh bangsa kita agar kelak
memperoleh generasi pembangun bangsa yang cerdas dan bijaksana.
E. Didiklah anak kita dengan pendidikan yang
mengarah kepada pengembangan bakat mereka agar mereka dapat merasa nyaman dan
senang dalam mengikuti pelajaran yang diberikan.
19. Cermati paragraf generalisasi berikut!
Setelah dilakukan pengamatan pelaksanaan
kompetisi olahraga bidang persepakbolaan Indonesia, dapat dihimpun bukti-bukti
negatif yang menyertai kompetisi tersebut. Bukti-buktinya sebagai berikut:
banyak klup persepakbolaan yang belum sportif mengikuti peraturan sepakbola,
melakukan keributan saat pertandingan. Suporter banyak yang tidak tertib dan
tidak tahu aturan, bahkan ada yang tidak segan-segan merusak stadion dengan
segaja. Yang paling parah lagi, masih terdapat kecurangan penyekoran dari wasit
yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. ...
Kalimat
yang tepat untuk simpulan paragraf tersebut adalah ...
- Dengan demikian, persepakbolaan Indonesia tidak akan menang-menang dalam bertanding.
- Jadi, disimpulkan bahwa baru sedikit klub persepakbolaan yang taat akan peraturan.
- Boleh dikatakan bahwa klub persepakbolaan tersebut harus banyak melakukan latihan.
- Memang sudah sejak lama kita ketahui bahwa pemandangan seperti itu sering terjadi.
- Dapat dikatakan bahwa persepakbolaan Indonesia belum dapat dikatakan profesional.
20. Bacalah iklan berikut dengan cermat!
Dibutuhkan beberapa tenaga pemasaran
untuk memasarkan suatu produk baru elektonik.
Dengan persyaratan sebagai berikut :
(1) Pendidikan S-1, DIII
(2) Usia maks 25 th.
(3) Pengalaman kerja min 1 th
Lamaran dikirim ke PO Box 123/Jkt 1004
Kompas, 11 Maret 2009
|
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah
...
A.
Sehubungan dengan
iklan yang dimuat di Kompas, 11 Maret
2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran.
B.
Membaca iklan yang
dimuat di Kompas, 11 Maret 2009 maka
saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran tersebut.
C.
Dengan iklan yang
dimuat di Kompas, 11 Maret 2009
makanya saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran
tersebut.
D.
Berminat dengan
iklan yang dimuat di Kompas, 11 Maret
2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk pengisian tenaga kerja itu.
E.
Berdasarkan dengan
iklan yang dimuat di Kompas, 11 Maret
2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan.
21. Penulisan yang tepat pemerian identitas
pelamar dalam surat lamaran pekerjaan ...
A. Nama :
Sania, S.PD.
Tempat tanggal lahir : Bekasi, 26 Agustus 1987
Alamat :
Jln.Dahlia 12, Bekasi
B. nama :
Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir : Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat
: Jalan.Dahlia
12, Bekasi
C. Nama :
Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir :
Bekasi, 26 – 08 - 1987
Alamat :
Jalan.Dahlia12, bekasi
D. nama :
Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir : Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat :
Jl.Dahlia12 Bekasi
E. Nama
: SANIA,
S.Pd.
Tempat tanggal lahir : BEKASI, 26 AGUSTUS 1987
Alamat
: JALAN DAHLIA12,
BEKASI
22. Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Demikianlah
surat lamaran saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.
Perbaikan yang tepat kalimat penutup surat
lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
A. Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian
Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
B. Demikianlah surat ini. Atas bantuan Bapak
saya mengucapkan terima kasih banyak.
C. Demikian surat lamaran saya. Atas
perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.
D. Demikianlah, atas perhatian Bapak saya
ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
E. Saya berharap Bapak menerima saya.Atas
perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
23. Cermati urutan kalimat berikut!
(1) Tiba-tiba kawanan serangga bernama
belalang kumbara berwarna hitam datang berputar-putar di atas ladang dan
kemudian masuk ke areal pertanaman padi yang sedang menguning.
(2) Sinar matahari mendadak terlihat lembut
dan suram.
(3) Seketika padi yang sudah mulai menguning
berubah menjadi hitam karena dihinggapi ribuan belalang.
(4) Bersamaan dengan lembut dan suramnya
matahari, terdengar suara berdengung dari balik hutan, berasal dari tipuan
angin yang menghantam dedaunan di hutan sekitarnya.
Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan
paragraf yang baik adalah ... .
A. (2), (4), (1), dan (3)
B. (2), (3), (1), dan (4)
C. (3), (4), (1), dan (2)
D. (4), (3), (1), dan (2)
E. (4), (1), (2), dan (3)
24. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Padang ilalang itu amat luas. Di sela-sela
dedaunannya yang panjang terurai itu, muncul bunganya berbentuk bulat panjang
berwarna putih, seperti kapas yang dibalutkan ke tangkai lidi kecil. Bila angin
bertiup helai daun beserta bunga bergoyang. ...
Kalimat deskripsi yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
- Fungsi tangkai bunga itu pada umumnya sebagai penyanggah mahkota bunga.
- Warna bunga ilalang putih, bersih, dan sangat lembut, dan halus seperti kapas.
- Tangkai bunga berwarna cokelat, sangat kecil, dan sangat mudah patah.
- Daun bunganya panjang lonjong, permukaanya kesat, dan pinggir daunnya tajam.
- Goyangan dedaunan dan bunganya ke kiri dan ke kanan seakan berirama.
25. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Jarum jam terdengar berdetak ... . Malam
itu terasa ... . Detak jam diding semakin keras. Aku menarik selimutku untuk
menutupi wajahku. Sayup-sayup terdengar bunyi langkah menuju ke arah dapur yang
berdampingan dengan kamar tidurku. Aku mengonsentrasikan perhatianku mengikuti
bunyi langkah tersebut. Jantungku sekarang berdegup ... . Langkah itu semakin
menghilang. Aku pelan-pelan mengangkat tubuhku lalu bersender ke tiang tempat
tidur. Tiba-tiba pintu kamarku ada yang mengetuk. Dengan spontan aku berteriak
... . memanggil ibuku. Akan tetapi, teriakanku terhenti setelah mendengar
kakakku memanggil namaku, “Ada apa Nit?”
Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
A. hampir keras, hampir sunyi, kencang amat,
tidak keras
B. tidak keras, sunyi sekali, kencang sekali,
hampir keras
C. sedikit keras, sunyi sekali, kencang
sekali, keras sekali
D. sangat keras, sunyi sekali, kencang
sekali, keras sekali
E. sangat keras, sunyi sekali, tidak kencang,
keras sekali
26. Cermati judul karangan berikut!
pentingnya
pendidikan keterampilan di sekolah
Perbaikan penulisan judul karangan
tersebut sesuai EYD adalah ...
A. Pentingnya Pendidikan
Keterampilan di Sekolah
B. Pentingnya pendidikan keterampilan di
sekolah
C. Pentingnya Pendidikan Keterampilan Di
Sekolah
D. Pentingnya PENDIDIKAN KETERAMPILAN di
sekolah
E. ”Pentingnya pendidikan keterampilan di
sekolah”
27. Cermati kutipan karya tulis berikut!
Ada
tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi
daripada persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini. Tujuh agenda itu adalah mengatasi risiko
pengangguran baru, mengelola inflasi, menjaga pergerakan sektor riil, mempertahankan
daya beli, melindungi kelompok di garis kemiskinan, memelihara kecukupan pangan
dan energi, serta memelihara angka pertumbuhan ekonomi yang pantas.
Perbaikan kalimat yang tercetak miring
dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Ada tujuh agenda di mana akan diambil
untuk mengantisipasi ataupun mengatasi daripada persoalan ekonomi yang bakal
muncul tahun ini.
B. Ada tujuh agenda yang akan
diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang bakal
muncul tahun ini.
C. Ada tujuh agenda di mana akan diambil
untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana bakal muncul
tahun ini.
D. Ada tujuh daripada agenda di mana akan
diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana
bakal muncul tahun ini.
E. Ada tujuh daripada agenda di mana akan
diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi bakal muncul
tahun ini.
28. Cermati kutipan bahasa karya tulis berikut!
Untuk mengembalikan kepribadian diri
seutuhnya berarti dapat menggunakan kekuatan diri yang sebenarnya,
pertama kita perlu melihat secara serius ke dalam diri sendiri terlebih
dahulu. Lihatlah dan pelajarilah, siapakah diri sebenarnya. Dengan mengetahui
diri sendiri saat ini, dapat melakukan langkah-langkah ke depan yang sesuai
untuk mencapai diri sendiri yang seutuhnya. Tujuannya adalah mencapai hidup
yang selaras dan serasi dengan tetap menjaga keseimbangan pikiran, perasaan,
keahlian untuk mencapai apa yang dicita-citakan, akan merasa takjub dengan
perubahan yang dialami.
Bahasa yang tepat untuk mengganti bahasa kias yang bergaris bawah dalam kutipan karangan ilmiah tersebut sehingga bermakna lugas adalah ... .
A. kekayaan, peninjauan
B. kepintaran, pembuktian
C. kesanggupan, penerapan
D. kecerdasan, pengoreksian
E. potensi, introspeksi
29. Cermati topik dan kalimat penjelas berikut!
Topik paragraf : hakikat pendidikan pembangunan peradaban
bangsa yang sangat dinamis
Kalimat penjelas :
(1) Pendidikan pada hakikatnya merupakan
proses pembangunan peradaban bangsa yang sangat dinamis.
(2) Tanggung jawab utama mendidik anak berada
di tangan orang tuanya hingga mereka siap memasuki usia sekolah.
(3) Oleh karena itu, pendidikan harus bertumpu
pada konsep pertumbuhan, pengembangan, dan kelangsungannya sehingga
penyelenggaraan pendidikan harus dikelola secara profesional.
(4) Mengingat perannya yang sangat strategis
dalam proses pembangunan peradaban bangsa, maka bidang pendidikan perlu
komitmen nasional.
(5) Seorang guru harus memahami bahwa anak
didik mereka memiliki keterampilan yang beragam dengan kompetensi yang beragam
pula.
Kalimat
penjelas yang sesuai topik adalah nomor ... .
- (1), (3), dan (4)
- (1), (3), dan (5)
- (2), (3), dan (4)
- (2), (4), dan (5)
- (3), (4), dan (5)
30. Topik karangan ilmiah : Pengaruh sistem informasi
(SI) perusahaan melakukan bisnis
Kalimat latar belakang sesuai dengan topik
tersebut adalah ...
A. Berbagai upaya telah dilakukan terhadap
mengubah cara perusahaan melakukan bisnis yang
mengakibatkan banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
B. Perusahaan harus memiliki disiplin agar
memiliki manajemen yang teratur dan dapat dihargai oleh pesaingnya sesama
pelaku bisnis.
C. Pada masa
sekarang, sistem informasi (SI) telah mengubah cara perusahaan
melakukan bisnis yang mengakibatkan
banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
D. Secara tradisional, manajemen dan akademisi
memandang peranan SI sebagai fungsi
pendukung dalam operasi perusahaan.
E. Sistem informasi mampu mengubah bentuk
organisasi, mampu mengubah cara perusahaan dalam beroperasi dan mampu mengubah
cara perusahaan dalam bersaing.
Cermati kutipan hikayat berikut untuk soal
nomor 32 s.d. 34!
Hatta beberapa lamanya sampailah umur
Sadalab itu dua belas tahun, maka oleh Khojah Astor diserahkannya mengaji pada
seorang mualim. Adapun akan Sadalab itu terlalu sangat takabur hatinya, lagi
perangainya pun terlalu amat jahat. Dengan beberapa tipu daya mualim itu
mengajar dia, tidak juga ia menurut kata gurunya itu.
Sebermula maka datanglah pada suatu hari,
Sadalab pun berkelahi dengan seorang budak temannya yang bersama mengaji itu.
Maka dipukul oleh Sadalab kepada budak itu dengan lohnya (meja kecil), pecah
kepala budak itu, berhamburan darahnya. ...
Setelah dilihat oleh Khojah Astor orang
itu datang membawa anaknya, maka ia pun segeralah turun mendapatkan bapak budak
itu dengan takzimnya. Maka oleh Khojah Astor serta dipeluknya leher bapak budak
itu, seraya katanya “Hai Saudaraku! Terlalu sekali takjub perbuatan anak hamba
ini. Melainkan maaflah Tuan hamba. Bahwa yang kesalahan anak hamba dan dalam
hati hamba, yang anak tuan hamba itu seperti anaklah kepada hamba.”
Maka tatkala Khojah Astor berkata-kata
itu, sangat merendahkan dirinya serta dibaikinya hatinya hati orang itu; maka
marahnya pun hilanglah, kepada hatinya kasihan melihat laku Khojah Astor itu,
... (Hikayat Bayan Budiman)
31. Isi cerita dalam kutipan tersebut adalah
...
A. Anak Khojah Astor bernama Sadalab
berkelahi dengan temannya dan Khojah Astor meminta maaf kepada orang tua anak
itu dan mengakui bahwa Sadalab-lah yang besalah.
B. Sadalab sudah berumur dua belas tahun dan
diserahkannya mengaji pada seorang mualim untuk mengajarinya mengaji secara
tekun.
C. Sadalab itu terlalu sangat
sombong, amat jahat dan tidak mau mematuhi nasihat orang tuanya, apalagi
mendengar nasihat guru ngajinya.
D. Dengan beberapa tipu daya mualim mengajar
Sadalab, tetapi ia tidak juga menurut kata gurunya sedikit pun malah dia ajak berkelahi.
E. Sadalab berkelahi dengan seorang budak
teman mengaji itu sehingga pecah kepala Sadalab oleh temannya itu, dan darahnya bercucuran.
32. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan
tersebut adalah ...
A. Kewajiban orang tua yang mendidik anaknya
bila sudah berumur dua belas tahun dan juga mengajarkan sopan santun, mengaji,
dan beribadah lainnya.
B. Perilaku Khojah Astor yang
meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anak Khojah Astor dan
mengakui bahwa anaknyalah yang bersalah.
C. Guru ngaji Sadalab sangat sabar menghadapi
kelakuan murid-murid ngajinya dan tidak henti-hentinya menasihati muridnya
dengan kasih sayang.
D. Ibu Sadalab bernama Khojah Astor tidak mau
meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anaknya dan tidak
mengakui kesalahan anaknya.
E. Perilaku Khojah Astor yang selalu
melindung anaknya dalam perkelahian, dan enggan meminta maaf kepada orang tua
anak tersebut.
33. Amanat yang terdapat dalam kutipan
tersebut adalah ...
A. Seorang anak harus meminta maaf kepada
orang tuanya atas kesalahan yang telah dilakukannya.
B. Bila seorang anak melakukan kesalahan,
orang tua hendaknya jangan melindunginya atas kesalahannya.
C. Berilah kasih sayang yang tulus kepada
anak dan bimbinglah mereka agar mereka merasa diperhatikan.
D. Meminta maaflah apabila merasa
bersalah kepada seseorang dan terimalah permintaan maaf orang tersebut.
E. Janganlah terlalu memanjakan anak karena
akan menjadikan anak tersebut nakal dan suka berkelahi dengan temannya.
Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab nomor 35 s.d. 37!
Sukri menanti bis melintas di halte. Dia gemas melihat skuter melintas. Dia
benci melihat kendaraan itu. Dia raba pisau belati di pinggangnya. Dia buka
pintu pagar rumah Sumarni. Dia lihat skuter itu. Dia lihat Sumarni menerima
pemuda pengendara skuter di ruang tamu. Dia melompat ke balik semak-semak bunga
mawar. Dia dengarkan percakapan Sumarni dan pemuda pengendara skuter di ruang
tamu.
“Kau cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah
bahwa kau belum mempunyai kekasih?”
Sukri
Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti
34. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan
tersebut adalah ... .
A. orang pertama sebagai pelaku utama
B. orang ketiga sebagai pelaku utama
C. orang ketiga serba tahu
D. orang pertama sebagai pelaku sampingan
E. orang ketiga terfokus
35. Pernyataan yang menunjukkan bahwa Sukri seorang yang berwatak cemburu adalah ...
A.
Sukri
gemas, benci, dia buka pintu, dia melompat, sakit mendengar ucapan pemuda
bersama Sumarni.
B.
Sukri gemas, ke
balik semak-semak, masuk ke tengah ruangan, mendengar ucapan pemuda bersama
Sumarni.
C.
Sukri gemas, ke
balik semak-semak, meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama
Sumarni.
D.
Sukri gemas, dia
melompat, meraba pisau di pinggangnya, berkelahi dengan pemuda bersama Sumarni.
E.
Sukri gemas, benci,
meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
36. Pendeskripsian watak Sukri dalam kutipan tersebut melalui ... .
- dialog antartokoh
- secara langsung
- pikiran-pikiran tokoh
- tanggapan tokoh lain
- keadaan di sekitar tokoh
Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab
nomor 38 s.d. 41!
“Kau
cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah bahwa
kau belum mempunyai kekasih?”
“Kalau
kau sungguh-sungguh mencintaiku, dekaplah aku erat-erat. Aku belum mempunyai
kekasih. Aku masih murni. Aku belum mengenal seorang pemuda pun secara intim.
Kaulah satu-satunya pemuda yang menimbulkan getaran lain di hatiku. Bagiku,
seperti kurasakan saat ini, kau adalah kekasih tercinta.”
Sukri
di dalam semak-semak mawar meraba pisau belati di pinggangnya. Dia sakit
mendengar ucapan itu. Dia melompat dari dalam semak-semak. Dia masuk ke tengah
ruangan. Sumarni kaget melihat itu. Mukanya merah menahan malu. Pemuda yang
memiliki skuter itu terperanjat. Sikap Sukri mengundang perkelahian.
Sukri
Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti
37. Konflik dalam diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ... .
A. perasaan gelisah dan bercampur was-was
tehadap Sumarni
B. rasa penyesalan Sukri yang berkepanjangan
terhadap Sumarni
C. kesedihan yang mendalam yang dalam
dirasakan oleh Sukri
D. rasa sakit hati Sukri kepada
Sumarni dan pemuda bersama Sumarni
E. perasaan benci Sukri kepada dirinya
sendiri dan diri Sumarni
38. Penyebab konflik pada diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ...
.
A. Sumarni jatuh cinta kepada
pemuda lain
B. Kekasih Sukri menghina diri Sukri
C. Sumarni tidak mau bertemu dengan Sukri
D. Sukri dilarang mengingat-ingat Sumarni
E. Sumani memuji-muji pemuda lain
39. Akibat konflik pada Sukri adalah ...
A. Sukri pergi meninggalkan Sumarni dengan
perasaan marah.
B. Sukri masuk ke tengah ruangan
menemui Sumarni dan pemuda.
C. Sukri sangat menyesal telah datang ke
rumah Sumarni dan bertemu pemuda.
D. Sukri berjanji akan berusaha untuk
melupakan Sumarni secepat mungkin.
E. Dengan rela Sukri harus melepaskan Sumarni
ke tangan pemuda lain.
40. Bukti bahwa latar suasana emosional dalam kutipan tersebut adalah ...
- Sukri berusaha menahan malu sekuat tenaganya.
- Sukri berkelahi untuk mempertahankan cintanya.
- Sukri meraba pisau belati di pinggangnya.
- Sumarni akan segera diputuskan Sukri.
- Sukri tidak henti-hentinya memaki diri sendiri.
Cermatilah kutipan drama berikut untuk
nomor 42 dan 43!
(1) Tati : Wah, selamat ya Maryam (menjulurkan tangan kepada Maryam).
(2) Maryam : Ada apa ini Tat, kamu mengucapkan selamat sama
aku?
(3) Tati : Kamu tahun ini menjadi bintang kelas lagi,
hebat kamu, belum ada yang dapat menyaingi kamu, Mar. Aku sangat kagum sama
kamu, pintar, tidak sombong (menepuk bahu Maryam).
(4) Maryam : Ya, terima kasih Maryam, tapi janganlah
terlalu berlebihan menilai aku, Tat. Seperti sudah kamu ketahui, Tat, aku ingin
sekali melanjutkan sekolahku ke perguruaan tinggi agar kelak aku dapat
mnghidupi keluargaku.
(5) Tati : Mulia sekali itu, Tat, tapi kelak jangan
sombong ya, seperti kata peri bahasa,
”...”
41. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi
dialog Tati nomor (5) adalah ...
A. Tak ada akar rotan pun jadi, tak emas
bungkal diasah, tak jenjang kayu dikeping.
B. Biar hidup berkalang tanah, biar mati
berkalang bangkai.
C. Karena hati mati, karena mata buta, karena
jantung binasa.
D. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang
tak jadi.
E. Gantungkan cita-citamu setinggi
langit, rendahkan hatimu serendah dasar lautan.
42. Hal yang diungkapkan dalam kutipan drama
tersebut adalah ...
A. Prestasi seorang siswa yang
senantiasa mempertahankan prestasi tersebut dengan belajar bersungguh-sungguh.
B. Maryam siswa yang berprestasi, tidak
sombong, dan ingin menyenangkan keluarganya jika kelak berhasil.
C. Maryam siswa yang hidup serba
berkekurangan, tetapi dia akan berusaha untuk membahagiakan keluarganya.
D. Seorang teman yang selalu memberi dorongan
dan semangat kepada temannya atas prestasi yang diperoleh temannya.
E. Keakraban dua orang teman yang senantiasa
saling memuji dan memberikan semangat belajar yang tenggi.
43. Cermatilah paragraf berikut!
Kamu jangan memberi tahu rahasia ini
kepada Narsih. Saya tidak percaya lagi kepadanya sejak kejadian itu. Dia ”...”,
membeberkan rahasia keluarga saya kepada teman-teman kita di sekolah ini
sehingga teman-teman menjadi tahu masalah keluarga saya. Saya malu sekali.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian
yang rumpang dalam paragraf adalah ... .
A. panjang kalam
B. panjang ingatan
C. panjang lanjut
D. panjang belit
E. panjang lidah
44. Cermati puisi berikut!
SELAMAT
TINGGAL
Aku berkaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya?
Kudengar
seru menderu
-
dalam hatiku? -
Apa
hanya angin lalu?
Lagu
lain pula
Menggelepar
tengah malam buta
Ah....!!
Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal....!!
Selamat tinggal....!!
oleh Chairil Anwar
Maksud isi puisi tersebut adalah ... .
A. Perbuatan baik dan buruk seseorang, kelak
akan diberikan imbalan, serta akan diminta pertanggungjawaban sesuai dengan
perbuatannya.
B. Luka hati yang sangat hebat dirasakan oleh
seseorang atas perbuatan yang dilakukannya sendiri dan dia menyesali atas semua
yang dilakukannya itu.
C. Seseorang mencoba
mengingat-ingat kembali apa yang sudah dilakukannya sehingga berbagai hal yang
sudah dilakukannya muncul silih berganti.
D. Seseorang sangat sedih dan berdukacita
atas musibah yang telah menimpanya, tetapi dia sebetulnya tidak berdaya dan
harus menerima dengan tulus.
E. Seseorang menerima semua akibat atas
segala tindakan dan perbuatannya selama ini walaupun akibat tersebut sangat
berat dirasakannya.
45. Kata ”berkaca” yang bergaris bawah pada
larik pertama puisi tersebut bermakna ... .
A. pengambilan sikap
B. pengintrospeksian diri
C. pemacuan semangat
D. penginsafan diri
E. pemberontakan jiwa
46. Cermati kutipan puisi berikut!
DIPONEGORO
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan
bara kagum menjadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali
Pedang di kanan, keris di kiri
....
MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu
Sekali
berarti
Sudah
itu mati.
(Chairil Anwar)
Majas
yang tepat untuk mengisi larik yang rumpang (bertitik) pada puisi tersebut
adalah ... .
A. Berselempang semangat yang tak
bisa mati
B. Kita harus tetap bersemangat dan jangan
malas
C. Semua manusia akan mati bila Tuhan
menghendaki
D. Kita tidak bisa memperkirakan berapa lama
usia kita
E. Hentikanlah pertikaian antarsesama manusia
47. Cermati kutipan gurindam berikut!
Bersungguh-sungguh engkau memeliharakan
tangan,
daripada segala berat dan ringan.
daripada segala berat dan ringan.
Maksud gurindam tersebut adalah ...
A. Janganlah mengangkat beban yang berat agar
tangan anda tidak rusak
B. Bila ingin berhasil, lakukanlah usaha,
baik besar maupun kecil.
C. Kita haruslah menghindari segala
perbuatan dosa, baik kecil maupun besar.
D. Orang yang ingin selamat, harus giat dan
rajin bekerja apa saja.
E. Hidup kita akan selamat bila selalu ingat
akan dosa kecil atau besar.
48. Cermatilah kutipan esai berikut!
Saya teringat akan Ayu Utami. Teringat
akan penilaian orang lain yang termasuk para pengarang dan kritikus tentang
karya-karyanya. Keraguan akan keaslian karya-karyanya. Sebelum itu saya juga
membaca karya-karyanya yang lain seperti “Larung” dan kumpulan esai-nya yang
dibukukan. Kesan saya yang pertama sesudah membaca buku-bukunya ternyata sama
seperti apa yang dijelaskan pelukis Frida Kahlo tentang Surealisme:
“Saya menemui seekor singa di dalam lemari
pakaian saya sendiri yang sangat biasa saya kunjungi setiap akan ganti pakaian.
Dan singa itu terlukis dalam pakaian-pakaian saya yang biasa, tidak mahal, mode
biasa saja, namun tiba-tiba menjadi luar biasa indahnya, mengagetkan sehingga
saya (dan juga teman-teman saya) tidak lagi percaya bahwa itulah pakaian saya,
dan bahkan mencurigai saya yang biasa berpakaian biasa yang jadi luar biasa
itu, saya curi dari orang lain. Pakaian yang memang milik saya sendiri itu
telah mempunyai tenaga magis yang membuat orang lain sukar percaya, curiga pada
saya yang sehari-hari berpakaian biasa tapi sekarang tampak begitu tampan yang
membikin sebagian orang lain iri dan tidak mau melihat saya yang biasa-biasa
saja tiba-tiba menjadi luar biasa.”
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai
tersebut adalah ...
A. Keraguan akan keaslian karya-karya Ayu
Utami, dikatakan Surealisme, sangat biasa namun dapat menjadi luar biasa
indahnya, dan mengagetkan.
B. Timbulnya kesan keraguan pembaca
akan keaslian karya-karya sastrawa sebelum membaca karya-karya mereka secara
baik dan mendalam.
C. Kesan pertama sesudah membaca buku-buku
karya seseorang ternyata sama seperti apa yang dijelaskan pengarang dalam
bukunya.
D. Sesuatu yang sangat biasa ditemukan dalan
karya-karya Ayu Utami, biasanya ditanggapi dengan hal-hal biasa pula oleh
pembaca.
E. Karya-karya seorang pengarang
dikatakan berarti, menarik, dan indah apabila tiba-tiba menjadi luar biasa
indahnya.
49. Bacalah penjelasan buku berikut!
Karya-karya Putu Wijaya, merupakan
antitesis dari tulisan Pramoedya: fantastik dan bersifat tidak langsung, dan
Putu mencampur hal tersebut dengan pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi Bali
dan Jawa. Mangunwijaya merajut acuan dan analogi wayang ke dalam wacana yang
sebagian besar realis, sementara Putu Wijaya mengambil lisensi besar sekali
dengan Mahabarata dalam narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik.
Tetralogi itu ditulis dalam tradisi realisme yang murni, dengan mencerminkan
keterlibatan Pramoedya pada proyek modernis dan penolakannya terhadap banyak
unsur kebudayaan regional “feodal” yang ia anggap bertentangan dengan kemajuan
bangsanya (halaman 252). Suara pengarang itu hadir karena memang diajukan Putu
dalam novel-novelnya yang juga ia ajukan dalam esai dan wawancaranya guna
mengerti makna dan keberadaan manusia (halaman 255).
Kalimat kritik yang sesuai isi penjelasan
tersebut adalah ...
A. Karya-karya Putu Wijaya, merupakan
antitesis dari tulisan Pramoedya dengan pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi
Bali dan Jawa dan mengambil lisensi Mahabarata dalam narasi-narasinya yang
diskursif dan fantastik.
B. Antitesis dari tulisan Pramoedya:
fantastik dan bersifat tidak langsung, dan Putu mencampur hal tersebut dengan
pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi Bali dan Jawa, dan banyak merajut acuan
dan analogi wayang.
C. Putu Wijaya ke dalam wacana yang sebagian
besar realis, mengambil lisensi besar sekali dengan Mahabarata dalam
narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik, tetralogi itu ditulis dalam
tradisi realisme yang murni.
D. Dengan mencerminkan keterlibatan
Pramoedya pada proyek modernis dan penolakannya terhadap banyak unsur
kebudayaan regional “feodal” yang ia anggap bertentangan dengan kemajuan
bangsanya.
E. Suara pengarang itu hadir karena memang
diajukan Putu dalam novel-novelnya yang juga ia ajukan dalam esai dan wawancaranya
guna mengerti makna dan keberadaan manusia dalam arti yang benar.
50. Bacalah penjelasan buku berikut!
Kesan yang biasa dijumpai saat membaca sebuah
novel ”thriller” adalah suasana
kecemasan dan ketercekaman. Akan tetapi, kenapa masih tetap saja ada pembaca
yang “gandrung” suasana semacam itu, padahal akan membuat bulu kuduk berdiri
dan dicekam “ketakutan” saja?
Mungkin, jawabnya karena rasa ketakutan
yang dicipta pengarang masih sebanding lurus atau bahkan masih dikalahkan oleh
rasa ingin tahu pembaca yang menggebu-gebu untuk mengetahui ending cerita Perfume. Akibatnya, suasana seperti bau busuk, leleran darah, dan
kekejaman pembunuhan dirasa tak perlu lagi ditakuti. Rasa penasaran sudah
mengalahkan ketercekaman. Justru pembaca seakan dibaluri ketertarikan aneh yang
tak bisa dijelaskan dengan mudah karena rasa ingin tahu terhadap ending cerita kerap membungkam kengerian
itu. Karena itu, jika novel thriller
tak berpretensi menciptakan keterpesonaan seperti itu, pasti akan gagal memikat
pembaca. Tidak mustahil, novel tersebut akan dibuang di kolong ranjang karena
hanya mencipta ketakutan semata.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan
buku sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...
A. Pembaca yang penakut, akan menjadi tidak
penakut lagi setelah membaca cerita ini karena dapat mengobati penyakit penakut
orang tersebut setelah selesai membaca cerita Perfume.
B. Pendekripsian akibat suasana seperti bau
busuk, leleran darah, dan kekejaman pembunuhan dirasa tak perlu lagi ditakuti
karena digambarkan secara alami dan penyajiannya wajar seperti apa adanya.
C. Isi novel sulit dipahami karena disajikan
secara berbelit-belit dan dipenuhi dengan suasana mencekam, keanehan karena
ceritanya banyak terkait dengan ilmu gaib kesadisan, dan sebagainya.
D. Penyajian cerita lebih ke dunia kengerian;
banyak menciptakan keterpesonaan seperti itu, pasti berhasil memikat pembaca
yang menyukai dunia keanehan, tetapi berakhir dengan kegembiraan.
E. Novel Perfume ini tergolong ”thriller”
karena suasana kecemasan pada pembaca dan membuat bulu kuduk berdiri, tetapi
itulah yang membuat keingitahuan dan kemenarikan cerita.
Post a Comment
Post a Comment